Sunday, October 25, 2020

Tips bekerja dari rumah


Bekerja dengan lebih aman dari rumah

Hari ini banyak syarikat yang meminta pekerja untuk bekerja dari ruamah (BDR). Bekerja dari dari rumah dapat memperkenalkan beberapa masalah norma-norma baru, terutama untuk orang yang tidak biasa bekerja jauh dari pejabat.
Berikut adalah beberapa tips tentang cara kerja dari rumah (BDR) dengan lebih aman.

Pilih ruang kerja yang baik

Ada banyak saranan yang baik di luar sana tentang memilih ruang yang ergonomis, dan di mana anda bisa meminimakan gangguan, tapi ada beberapa pertimbangan keamanan juga.
  1. Pilih ruang yang sesuai. Jika Anda sedang bekerja di rumah, ini mungkin lebih mudah dibandingkan jika Anda bekerja di kedai kopi atau pustaka. Pilih tempat di mana orang tidak biasa "bahu surfing"; Lihat bahu Anda pada apa yang ada di layar Anda.
    Jika tidak dapat menemukan tempat peribadi, pertimbangkan untuk mendapatkan filter privasi. Ini adalah perisai, macam, yang menempel ke layar Anda dan membuatnya sulit untuk membaca apa yang ada di layar Anda kecuali Anda berada tepat di depannya.
  2. Jika Anda sedang mengadakan panggilan konferensi atau video call, berhati-hatilah Apakah orang lain mungkin bisa melakukan gangguan, bahkan secara tidak sengaja. Bahkan jika (kadang terutama jika) Anda memakai headphone. Orang lain mungkin masih dapat mendengar suara Anda saat Anda berbicara. Pastikan Anda menggunakan perangkat lunak Rapat video dengan fitur keamanan tingkat lanjut seperti Microsoft Teams. 
  3. Jangan izinkan anggota keluarga menggunakan perangkat kerja Anda. Jika Anda harus menjauh dari perangkat Anda untuk masuk ke dapur atau kamar mandi, kunci perangkat Anda untuk mencegah orang lain melihat yang sedang Anda kerjakan. Tekan tombol logo Windows + L di perangkat Windows, atau Control + Command + Q di Mac, untuk mengunci layar dengan cepat. Saat Anda kembali, Anda harus melakukan proses masuk cepat, dan semuanya harus tepat di tempat Anda meninggalkannya.
  4. Hanya gunakan Wi-Fi terenkripsi untuk bisnis. Wi-Fi terenkripsi dengan WPA-2 lebih selamat dibandingkan Wi-Fi yang terbuka untuk semua akses. Jika Anda bekerja dari rumah, pastikan jaringan Wi-Fi rumah Anda diamankan – semua router rumah mendukung enkripsi. Pelajari selengkapnya
  5. Jika Anda perlu mengakses sumber daya, seperti server, yang tinggal di lokasi perusahaan Anda, gunakan VPN (Virtual Private Network) untuk menyambungkan ke jaringan Office Anda. VPN membuat tunnel terenkripsi untuk Traffic jaringan Anda mengalir dan menyulitkan orang lain untuk mencegat lalu lintas Anda. Jika Anda tidak yakin apakah perusahaan Anda menawarkan VPN, atau cara menghubungkannya, hubungi orang dukungan TI Anda. Pelajari cara menyambungkan ke vpn di Windows 10.

Mengamankan data Anda

Jika perangkat Anda tidak dapat diakses atau dicuri, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi data yang bisa diakses.
  1. Gunakan autentikasi kuat untuk mengakses perangkat Anda, seperti Windows Hello. Pengenalan PIN atau wajah, jika perangkat Anda mendukungnya. Pelajari selengkapnya
  2. Gunakan multi-Factor Authentication (MFA) untuk mengakses sumber daya berbasis awan. MFA menggunakan beberapa "faktor" seperti PIN yang dikirim ke perangkat seluler Anda dan kata sandi; atau PIN dan pemindaian sidik jari, untuk mengautentikasi Anda. Biasanya Anda hanya perlu menggunakan beberapa faktor saat pertama kali masuk dari perangkat tertentu. MFA mempersulit orang lain untuk masuk sebagai Anda. Pelajari selengkapnya
  3. Sekarang waktu yang tepat untuk memikirkan kata sandi yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan kata sandi sederhana seperti "Lovely" atau "password1", waktu yang tepat untuk memutakhirkan ke kata sandi yang lebih aman. Panjangnya lebih penting daripada kerumitan, meskipun keduanya memiliki peran. Kata sandi Anda setidaknya terdiri dari 12 karakter, dan bukan kata dalam bahasa Inggris atau nama kucing Anda. Pertimbangkan menggunakan frasa seperti lirik lagu kegemaran, kutipan film, atau puisi untuk membuat kata sandi yang panjang dan rumit tapi mudah diingat. Pelajari selengkapnya
  4. Pastikan enkripsi drive lokal, seperti BitLocker, diaktifkan. Dengan cara itu jika perangkat Anda hilang atau dicuri, data lokal akan sulit diakses. Pelajari selengkapnya
  5. Pastikan perangkat Anda diperbarui pada pembaruan keamanan dan Anda memiliki program antimalware, seperti antivirus Microsoft Defender, yang berjalan secara aktif. Pelajari selengkapnya
  6. Gunakan browser modern, seperti Microsoft Edge, dan pastikan Anda menjalankan versi terbaru.
  7. Simpan file Anda di lokasi awan yang aman dan bukan pada drive lokal atau media yang dapat dilepas. Penyimpanan awan aman, seperti SharePoint atau OneDrive for Business, artinya meskipun perangkat fisik Anda hilang atau dicuri, data Anda masih tersedia untuk Anda dan perusahaan Anda. Pelajari selengkapnya
  8. Jika memungkinkan gunakan versi web aplikasi Anda, seperti Word, Outlook, atau Excel. Manfaat lain untuk menyimpan file Anda di lokasi awan yang aman adalah ketika Anda menggunakan versi web aplikasi data Anda tetap berada di server dan tidak diunduh ke perangkat lokal Anda. Pelajari selengkapnya

Saling berhubungan

  1. Tetap terhubung dengan syarikat Anda selagi Anda bekerja dari jarak jauh. Bahagian IT Anda mungkin memiliki permintaan khusus atau membuat alat baru tersedia untuk Anda. Jika Anda menduga bahwa perangkat Anda atau data Anda telah dikompromikan dengan cara apa pun, beri tahu segera kepada orang-orang IT Anda agar mereka dapat menyelidiki situasi dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah kerosakan yang tidak diperlukan.
  2. Kini, lebih dari sebelumnya, tahan godaan untuk menggunakan alat yang tidak disetujui atau menyimpan data di luar sumber daya syarikat. Jika Anda memerlukan sesuatu yang tidak dimiliki untuk menyelesaikan pekerjaan, tanyakan kepada bahagian IT atau Laporkan melalui jaringan manajemen. Anda dapat menemukan sistem yang tidak berfungsi dengan baik saat Anda tidak berada di pejabat. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memberi tahu agar Anda bisa mengatasi masalah tersebut bersama-sama.
  3. Waspada untuk email Pengelabuan. Penjahat mencoba untuk memanfaatkan ketakutan dan ketidakpastian dengan mengirimkan email yang tampaknya dari pihak berwenang, atau pejabat perusahaan, dalam upaya untuk membujuk Anda untuk mengklik link berbahaya, atau menyediakan informasi pribadi Anda.

    Jangan pernah klik lampiran yang tidak Anda harapkan, meskipun nampaknya dari seseorang yang Anda kenal. Selalu terbaik untuk memeriksa kembali dengan orang tersebut untuk memastikan lampiran tersebut sah sebelum Anda membukanya.

    Jika Anda mendapatkan email yang meminta Anda untuk masuk ke laman web, buka tab baru di browser Anda dan ketikkan URL itu sendiri (atau akses melalui bookmark yang anda percaya) dan bukan mengklik link dalam email.

No comments:

Post a Comment